Wednesday 25 February 2015

Banjir




Banjir merupakan fenomena alam yang sering terjadi di Indonesia, kota-kota yang sering dilanda banjir adalah Jakarta dan Bandung. Penyebab terjadinya banjir antara lain curah hujan yang tinggi dan juga perilaku manusia yang tidak bersahabat terhadap lingkungan seperti perambahan hutan dan membuang sampai tidak pada tempatnya. Beberapa peristiwa banjir yang melanda Indonesia diantaranya Banjir Jakarta (2007 dan 2013), Banjir Wasior (2010), Banjir Padang (2012), dan Banjir Bandung (2012).




Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup
Penyebab kerusakan lingkungan hidup secara umum bisa dikategorikan dalam dua faktor yaitu akibat peristiwa alam dan akibat ulah manusia.
Letusan gunung berapi, banjir, abrasi, tanah longsor, angin puting beliung, gempa bumi, dan tsunami merupakan beberapa contoh bencana alam. Bencana-bencana tersebut menjadi penyebab rusaknya lingkungan hidup akibat peristiwa alam. Meskipun jika ditelaah lebih lanjut, bencana seperti banjir, abrasi, kebakaran hutan, dan tanah longsor bisa saja terjadi karena adanya campur tangan manusia juga.
Penyebab kerusakan lingkungan yang kedua adalah akibat ulah manusia. Kerusakan yang disebabkan oleh manusia ini justru lebih besar dibanding kerusakan akibat bencana alam. Ini mengingat kerusakan yang dilakukan bisa terjadi secara terus menerus dan cenderung meningkat. Kerusakan ini umumnya disebabkan oleh aktifitas manusia yang tidak ramah lingkungan seperti perusakan hutan dan alih fungsi hutan, pertambangan, pencemaran udara, air, dan tanah dan lain sebagainya.
Kerusakan lingkungan
Beberapa fakta terkait tingginya kerusakan lingkungan di Indonesia akibat kegiatan manusia antara lain:

No comments:

Post a Comment