KATA
PENGANTAR
Dengan
mengucapkan syukur Alhamdulillahirabbil’alamin kami panjatkan kehadirat Allah
SWT, kami telah menyelesaikan makalah yang berjudul “ Dampak Positif dan
Negatif Internet Terhadap Pelajar ”
Laporan ini dibuat untuk
menganalisis berbagai dampak positif dan negatif internet terhadap pelajar
melalui metode pengamatan dan tinjauan pustaka.
Kami tak lupa menyampaikan terima kasih kepada :
1. Ibu Anggita, S.Pd Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia selaku Pembimbing Penyusunan Penyusunan.
Kami tak lupa menyampaikan terima kasih kepada :
1. Ibu Anggita, S.Pd Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia selaku Pembimbing Penyusunan Penyusunan.
2.
Semua pihak yang ikut membimbing , mengarahkan dan membantu penyusunan laporan
ini.
Harapan kami semoga laporan ini bisa
bermanfaat dan menjadikan referensi bagi kita sehinga dapat mengantisipasi
berbagai dampak positif dan negatif internet.
Laporan yang kami buat ini tentunya masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan masukan yang bersifat konstruktif demi kesempurnaan laporan ini.
Laporan yang kami buat ini tentunya masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan masukan yang bersifat konstruktif demi kesempurnaan laporan ini.
Pariaman, 05 Desember 2014
Penyusun
DAFTAR
ISI
Halaman Judul ii
Kata Pengantar iii
Daftar Isi iv
Bab I. Pendahuluan 1
1.1. Latar Belakang 1
1.2. Tujuan Penulisan 1
1.3. Ruang Lingkup 1
1.4. Sumber Data 2
1.5. Metode 2
Bab II. Pembahasan
2.1. Dampak positip internet terhadap pelajar
2.2 Dampak negatip internet terhadap pelajar
Bab III. Penutup
3.1. Simpulan
3.2. Saran
Daftar Pustaka
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. Latarbelakang
Dengan
hadirnya internet yang merupakan pengembangan teknologi komunikasi dan
informasi, maka semakin mudah mengakses berbagai informasi secara
internasional. Internet merupakan Interconnection Networking secara global karena
merupakan jaringan komputer dalam skala internasional. Internet merupakan salah
satu sumber belajar bagi pelajar, karena dengan menggunakan internet pelajar
dapat mengakses informasi-informasi secara cepat dan mudah. Bahkan berbagai
sumber informasi dari berbagai media dapat dimodifikasi melalui internet.
Perkembangan
teknologi yang semakin modern dan canggih ini bukan hanya memberi manfaat bagi
penggunanya tapi juga menimbulkan pengaruh yang negatif bagi penggunanya,
terutama bagi kalangan pelajar. Informasi-informasi atau situs-situs yang dapat
diakses dari internet ada yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan
tapi ada juga yang dapat merusak mental dari kalangan pelajar yaitu situs-situs
porno.
Dengan
adanya internet yang dapat mempengaruhi sisi baik dan sisi jelek dari pengguna
internet terutama dikalangan pelajar, maka dapat menarik perhatian kami untuk
melakukan penelitian ini, sekaligus menganalisis dampak positip dan dampak
negatip internet terhadap pelajar.
1.2. Tujuan Penulisan
1. Menambah pengetahuan tentang pengaruh internet terhadap penggunanya
2. Menambah pengetahuan tentang dampak positif dan negatif internet bagi pelajar.
1.3. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup penulisan makalah ini adalah mencakup pengaruh atau dampak internet terhadap
penggunanya. Dampak yang ditimbulkan oleh internet terhadap pelajar dapat
bersifat positip dan dapat bersifat negatip. Antisipasi perlu dilakukan agar
pelajar tidak kecanduan internet.
1.4. Sumber Data
4.1. Tinjauan pustaka tentang pengertian dan sejarah internet
4.2. Pengamatan langsung terhadap perilaku pelajar sebagi pengguna internet
4.3. Tinjauan pustaka tentang dampak positip dan negatip internet terhadap pelajar.
1.5. Metode
Metode yang kami gunakan untuk penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
5.1. Tinjauan Pustaka
5.2. Pengamatan langsung
Kami mempergunakan metode ini dengan pertimbangan karena metode ini sangat relevan untuk penulisan makalah dampak positip dan negatip internet terhadap pelajar.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1.
Dampak positip internet terhadap pelajar
Internet
telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet
mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun
dapat kita lakukan baik positif maupun negative. Internet sebagai media
komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana
setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh
dunia.
Media
pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide
web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat
saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Media untuk mencari informasi
atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu
sumber informasi yang penting dan akurat.
Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang
terjadi. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan,
kebudayaan, dan lain-lain.
Internet
sangat memberikan pengaruh positip bagi pelajar. Kemajuan dunia informasi
memberikan manfaat positif pada keberadaan internet. Banyak pelajar yang
mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan tugas-tugas sekolah pun kini
terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet.
Kalau
dulu, orang harus membuka berbagai jenis buku dan koran untuk mencari tahu
tentang suatu info. Atau dengan menyimak radio dan tv. Tapi kini, cukup dengan
bantuan internet, semua info seakan membanjir.
Banyak
pelajar yang sudah fasih dengan manfaat dan kegunaan situs-situs tertentu.
Cukup dengan berkunjung ke wikipedia, misalnya, sesuatu masalah telah
terselesaikan. Mereka juga dengan mudahnya googling untuk mencari tugas dari
sekolah.
Selain
mempermudah tugas sekolah, internet juga membantu pelajar untuk mengembangkan
diri. Mereka bisa tahu tentang info beapelajar, info lomba, dan berbagai info
bermanfaat lainnya.
Pelajar
juga dapat menggunakan internet untuk membuka wawasan dan memperluas pergaulan
mereka. Mereka dapat berteman dengan siapa saja dari mana saja. Pelajar pun
dapat berlatih kemampuan bahasa asing yang mereka miliki dari teman-teman baru
yang didapatnya dari internet. Berbagai manfaat internet bagi pelajar antara
lain yaitu :
2.1.1.1.
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia.
2.1.1.2.
Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world
wide web jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia
dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
2.1.1.3.
Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat,
menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
2.1.1.4.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa
saja yang terjadi.
2.1.1.5.
Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan
lain-lain
2.1.1.6.
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak
perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak
positip internet terhadap pelajar sangat besar. Dari pengamatan penggunaan
internet bagi pelajar pada warnet, bisa diketahui bahwa semakin lama penggunaan
internet semakin penting sebagai sarana komunikasi pelajar terutama pada
kalangan sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Fasilitas internet
seperti e-mail, situs web ( www ), YM ( Yahoo Massenger ) dan jejaring social
facebook sudah sangat popular di antara para pelajar, baik sebagai sarana
komunikasi maupun alat untuk mencari data untuk penelitian lain juga sebagai
alat untuk memperluas pergaulan dan perkenalan antar pengguna internet. Selain
itu, penggunaan internet telah menimbulkan adanya bahasa baru yang dikenal
sebagai ‘bahasa internet’. Memang, bahasa yang dipakai dengan menggunakan
internet tergantung pada siapa dan dengan siapa pengguna internet
berkomunikasi.
Karena
dampak positif internet bagi pelajar sangat banyak, maka mau tidak mau, suka
tidak suka, kita harus menggunakan internet sebagai sarana komunikasi yang
tercepat dan tercanggih untuk saat ini dengan resiko menerima dampak
negatifnya.
2.2.
Dampak negatip internet terhadap pelajar
Dampak
Negatif Penggunaan Internet secara umum adalah sebagai berikut :
2.2.1.
Cybercrime
Adalah
kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang
bersifat.
•
Melintasi batas Negara
•
Perbuatan dilakukan secara illegal
•
Kerugian sangat besar
•
Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk
cybercrime sebagai berikut :
1.
Hacking
Usaha
memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan
system jaringan.
2.
Cracking
Usaha
memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau
menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.
2.2.2.
Pornografi
Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat
di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2.2.3.
Violence And Gore
Kekejaman
dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal
yang bersifat tabu.
2.2.4.
Penipuan
Hal
ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan
penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi
tersebut.
2.2.5.
Carding
Karena
sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan kartu
kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para
penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi
(yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan.
Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk
kepentingan kejahatan mereka.
2.2.6.
Perjudian
Dampak
lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi
tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda
hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak
agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya. Mengurangi sifat
sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada
bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat
mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Kejahatan seperti
menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut
berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut
pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan
tersebut.
Walaupun
banyak manfaat positif yang dapat diperoleh pelajar dari internet. Namun tidak
sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh internet.
Beberapa
berita melansir adanya penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur
yang masih berstatus pelajar yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring
sosial facebook di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada siapapun
memungkinkan terjadinya hal tersebut.
Pornografi
adalah pengaruh negatif internet lainnya. Banyak pelajar yang ditengarai sering
berkunjung ke situs-situs yang berisi gambar atau cerita porno. Hal ini tentu
saja merupakan situasi yang sangat memprihatinkan.
Kecanduan
permainan online yang melanda pada pelajar juga merupakan pengaruh negatif
internet. Kecanduan dan ketergantungan dapat membuat pelajar kehabisan waktu
dan energi untuk bermain. Akibatnya prestasi pelajar pun menurun.
Dampak
negatif internet pelajar yang makin hari semakin terasa memprihatinkan terutama
pornografi dan jejaring social facebook. Banyak yang tidak menyadari akan
pengaruh negatif internet khususnya facebook ini. Mungkin karena sudah
kecanduan dengan internet atau facebook. Tapi justru inilah yang berbahaya,
yang tidak disadari. Pengguna internet atau khususnya facebook di dominasi oleh
para remaja usia 14-24 tahun sebanyak 61,1%.
BAB
III
PENUTUP
3.1. Simpulan
Melihat
dampak negatif dan positif dari teknologi informasi dan komunikasi khususnya
Internet di atas, dapat disimpulkan bahwa bila dibandingkan dengan dampak
negatif maka dampak positifnya adalah jauh lebih banyak, jadi tidak mungkin
kalau sampai dilarang di Inonesia.
Internet
memberikan manfaat yang begitu besar bagi pelajar tetapi di lain pihak internet
menjadi suatu media informasi yang tidak mudah untukdi batasi. Berbagai macam
informasi dalam berbagai bentuk dan tujuan bercampur menjadi satu di mana untuk
mengaksesnya hanya perlu satu sentuhan jari saja. Berbagai informasi dengan
mudah didistribusikan kepada pemakai internet.
Terlepas
dari dampak yang mungkin akan timbul, internet tetap merupakan suatu teknologi
baru di bidang komputer dan komunikasi yang mampu memberikan berbagai kemudahan
bagi para pelajar. Dalam beberapa tahun ke depan dapat dipastikan bahwa
internet akan menjadi tulang punggung perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi.
Saran
Untuk mengatasi atau lebih tepat mencegah dampak negatif terutama untuk pelajar atau remaja adalah sebagai berikut :
DAFTAR PUSTAKA
Tim Penyusun. 2008. Kamus Bahasa
Indonesia. Jakarta:Pusat Bahasa.
Pandia, Henry. 2009. Teknologi
Informasi dan Komunikasi. Jakarta:Erlangga.
Pantoro, Kris. Dampak Negatif dan Dampak Positif Internet.
http://krispantoro.wordpress.com/2012/03/09/dampak-negatif-dan-dampak-positif-internet/ (diakses
tanggal 9 maret 2012)
Purbo, Onno.
2009. Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Jakarta:RISTEK.
Yudhim. Sejarah Internet. http://yudhim.blogspot.com/2008/02/sejarah-internet.html (diakses
tanggal 27 februari 2008)
No comments:
Post a Comment